Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

The Wolf of Wall Street

Written By Blogger on Monday, January 27, 2014 | 10:34 PM

Tak pernah ada karya kacangan dari seorang sutradara sekelas Martin Scorsese. Kini, via film terbarunya berjudul The Wolf of Wall Street, sebuah komedi hitam tentang patgulipat kejahatan dunia sekuritas di AS, dia kembali memberikan sajian yang menurut hampir semua pemerhati film di AS dinilai sangat luar biasa.
Kisah kejahatan kerah putih yang diangkat dari memoar Jordan Belfort berjudul sama itu bahkan langsung menimbulkan tanggapan beragam ketika kali pertama dirilis pada 25 Desember 2013 lalu.

Dalam film yang skenarionya ditulis Terence Winter dan dilakoni aktor kesayangan Scorsese, Leonardo DiCaprio yang memerankan Belfort, dunia suram kejahatan sekuritas, pesta seks dan narkoba dikisahkan seperti saudara kembar yang tak terpisahkan.

Semua kegemerlapan semu itu berlangsung dalam panggung bernama Wall Street pada era 1990-an. Scorsese tercatat telah mendapatkan AFI Life Achievement Award atas kontribusinya di dunia sinema. Selain itu, dia juga telah meraih sejumlah penghargaan bergengsi seperti Academy Award, Palme d’Or, Cannes Film Festival Best Director Award, Silver Lion, Grammy Award, Emmys, Golden Globes, BAFTAs, dan DGA Awards. Karena itu, di tangannya, kisah serakah para pialang saham yang mahir melakukan pencucian uang pun tersaji secara jelas dan menarik.

Pesan Tersembunyi Sebagaimana kala menyajikan Taxi Driver (1976), Raging Bull (1980), Goodfellas (1990), The Departed (2006), dan Gangs of New York (2002), dalam The Wolf of Wall Street banyak pesan tersembunyi yang disampaikan kepada publik tanpa harus cerewet memberikan pesan itu via dialog para pelakonnya. Tidak mengherankan bila film itu mendapatkan lima nominasi di ajang Academy Awards 2014.

Keempat kategori itu adalah Best Picture, Best Director untuk Scorsese, Best Adapted Screenplay untuk Winter, Best Actor untuk DiCaprio, dan Best Supporting Actor untuk Hill. Film ini juga mendapatkan empat nominasi di BAFTA, termasuk kategori Best Director, Best Actor, dan Best Adapted Screenplay.

Dan yang pasti, film ini telah meraih dua penghargaan sekaligus dalam Golden Globe Awards yang baru lalu, yakni Best Motion Picture - Musical or Comedy dan Best Actor - Motion Picture Musical or Comedy untuk DiCaprio.

Selaian DiCaprio, pelakon lain film ini adalah Jonah Hill, Margot Robbie, Matthew McConaughey, dan Jean Dujardin. Film ini juga tercatat sebagai film kelima yang melibatkan kolaborasi antara Scorsese dan DiCaprio.

Sebagai film yang ditimbang sesak dengan moralitas ambigu, The Wolf of Wall Street juga dicatat sebagai film yang paling banyak dialog umpatannya di sepanjang sejarah perfilman di AS. Bahkan Peter Travers dari majalah Rolling Stone menyebut The Wolf of Wall Street sebagai film terbaik ketiga pada 2013, di belakang film 12 Years a Slave dan Gravity.  (suaramerdeka.com)

0 komentar: